Selasa, 03 Juni 2014

Perbedaan Hacker dan Cracker

Perbedaan hacker dan cracker sangat tipis, hanya karena satu alasan saja, seorang hacker bisa menjadi cracker dan melakukan tidakan pengerusakan, atau juga seorang cracker bisa menjadi hacker.
Berikut ini adalah perbedaan hacker dan cracker, yaitu :
1.        Hacker mempunyai kemampuan menganalisa kelemahan suatu sistem atau situs.
Sebagai contoh, jika seorang hacker mencoba menguji suatu situs dipastikan isi situs tersebut tak akan berantakan dan mengganggu yang lain. Biasanya hacker melaporkan kejadian ini untuk diperbaiki menjadi sempurna. Bahkan seorang hacker akan memberikan masukan dan saran yang bisa memperbaiki kebobolan sistem yang dimasuki.
2.        Hacker mempunyai etika serta kreatif dalam merancang suatu program yang berguna bagi siapa saja.
3.    Seorang hacker tidak pelit membagi ilmunya kepada orang-orang yang serius atas nama ilmu pengetahuan dan kebaikan.
4.   Seorang hacker akan selalu memperdalam ilmunya dan memperbanyak pemahaman tentang sistem operasi.
5.      Cracker mampu membuat suatu program bagi kepentingan dirinya sendiri dan bersifat dekstruktif atau merusak dan menjadikannya suatu keuntungan. Sebagai contoh : virus, pencurian kartu kredit, kode warez, pembobolan rekening bank, pencurian password e-mail, dan sebagainya.
6.        Biasanya cracker berdiri sendiri atau berkelompok dalam bertindak.
7.        Mampunyai IP addres yang tidak bisa dilacak.
Kesimpulannya hacker yang baik adalah orang yang mengetahui apa yang dilakukannya, menyadari seluruh akibat dari apa yang dilakukannya, dan bertanggung jawab atas apa yang dilakukannya. Sementara hacker jahat atau inilah yang dimaksud sebagai cracker, adalah orang yang tahu apa yang dikerjakan, namun seringkali tidak menyadari akibat dari apa yang telah dilakukannya itu. Hal itu yang membedakan seorang hacker dan cracker. Walau secara prinsip kerja mereka sama namun yang membedakannya adalah tujuannya dalam melakukan perbuatan itu.

Jika hacker dalam pembobolan suatu sistem keamanan atau program tertentu diniatkan untuk ilmu semata , dengan adanya pembobolan ini kita dapat mengetahui celah keamanan atau kekurangan suatu program, sehingga sistem keamanan dan program tersebut menjadi lebih kokoh dan baik lagi. Sedangkan cracker melakukan suatu pembobolan situs untuk mempermalukan situs tersebut. Namun dari segi kemampuan cracker biasanya kemampuan yang dimiliki oleh seorang cracker lebih oke daripada hacker.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

animasi  bergerak gif
My Widget