Selasa, 03 Juni 2014

Jenis-jenis Hacker dan Cracker

Banyak penjelasan mengenai jenis-jenis hacker dan cracker. Karena perbedaan tujuan dari hasil atas apa yang mereka lakukan. Pada umumnya orang-orang mengetahui bahwa hacker dibagi menjadi yaitu White Hat Hacker dan Black Hat Hacker.
Jika White Hat Hacker adalah hacker yang memfokuskan aksinya pada dengan melindungi sebuah sistem, sedangkan Black Hat Hacker adalah kebalikannya, yaitu menerobos suatu sistem keamanan jaringan komputer dengan memperoleh akses kekontrol administrasi dan merusak sistem tersebut, inilah yang biasa disebut sebagai cracker.
Berikut ini adalah penjelsan dari beberapa jenis hacker dan cracker berdasarkan pola pikir:
1.        White Hat Hacker
White Hat Hacker, juga dikenal sebagai ethical hacker, adalah asal muasal dari information technology, seorang yang secara etik melawan serangan terhadap sistem komputer. White Hat juga seringkali digambarkan sebagai orang yang menerobos jaringan untuk menolong si pemilik jaringan menemukan cacat pada system keamanannya.
2.        Red Hat Hacker
Secara sederhana, Red Hat Hacker berpikir dengan hat (fire), intuition (insting hati), opinion, dan emotion (subjective).
3.        Yellow Hat Hacker
Secara sederhana, berpikir dengan hat (sun), praise, dan positive aspects (objective).

4.        Black Hat Hacker
Black hat akan bekerja untuk menghasilkan kerusakan dan/atau untuk mengancam dan memeras seseorang. Black hat adalah sebuah tindakan yang tidak disetujui karena membobol sistem tanpa seijin dari pihak berwenang, biasanya dilakukan pada komputer yang terhubung dengan jaringan.
5.        Green Hat Hacker
Secara sederhana berpikir dengan hat (plant), alternatives, new approaches, dan everything goes (speculatif).
6.        Blue Hat Hacker
Secara sederhana berpikir dengan hat (sky), big picture, conductor hat, thingking about thinking, overall process (overview) dan juga menunjuk kepada perusahaan konsultasi komputer security yang digunakan untuk menjalankan bug test sebelum system dijalankan.
7.        Grey Hat Hacker
Grey hat dalam komunitas computer security, adalah hacker dengan skill yang kadang-kadang bertindak secara legal dengan itikad baik, tapi kadang juga tidak. Perpaduan dari white dan black hat hackers. Mereka meng-hack untuk keuntungan pribadi tapi tidak memiliki tujuan yang merusak. Seorang Gray Hat tidak akan melakukan sesuatu yang jahat, walaupun dia telah melanggar hukum. Jadi bukannya dikatakan sebagai Black Hat, dia dikatakan sebagai Grey Hat Hack. Seorang yang masuk ke system komputer hanya untuk meninggalkan jejak, dan tidak melakukan tindakan perusakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

animasi  bergerak gif
My Widget